PROFIL Madrasah


Nama : MI MUHAMMADIYAH BENER
NSM : 111233070014
NPSN : 60711058
Kepala Sekolah : Sariman S.Pd.I
Email : mimuh.bener@yahoo.co.id
Ketua Pendiri : Dimyati Muchlas
Ketua Komite Madrasah : H. Kuwat Santoso


Visi dan Misi MI Muhammadiyah Bener

Visi : Ungul Dalam Prestasi, Santun Dalam Budi Pekerti

Misi :

  1. Mewujudkan siswa yang beriman dan bertaqwa, berakidah shohihah, taat beribadah, tartil dan hafidz dalam bacaan al-quran
  2. Mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah, berbakti kepada orang tua dan guru, memiliki kejujuran dan dapat dipercaya, memiliki rasa ukhuwah
  3. Mewujudkan siswa yang berprestasi, tuntas dalam menerima ilmu, gemar membaca dan menulis, berprestasi tinggi dalam setiap kegiatan / lomba

Tujuan yang hendak dicapai MI Muhammadiyah Bener adalah :

  1. Meningkatkan Nilai hasil Ujian Akhir Sekolah berangsur-angsur dari rata-rata
  2. Kelulusan ditargetkan : 100% setiap tahun.
  3. Angka transisi / melanjutkan ke SLTP : 100% setiap tahun.
  4. Memiliki Team Work yang solid.
  5. Melaksanakan Evaluasi Diri ( Akreditasi ) tepat waktu
  6. Ketahanan sekolah yang mantap.
  7. Mewujudkan program penyelenggaraan pendidikan dasar yang lebih sesuai dengan konsep pendidikan berbasis keislaman.
  8. Mewujudkan generasi muslim yang memiliki akhlakul karimah, iman dan taqwa
  9. Mewujudkan tamatan yang mampu bersaing pada jajaran pendidikan selanjutnya
  10. Mewujudkan tamatan yang memiliki kemampuan dan keterampilan baca tulis Al-Quran

Strategi MI Muhammadiyah Bener

  1. Meningkatkan kedidiplinan semua pihak yang terkait dengan kelembagaan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bener .
  2. Memberikan dorangan kepada semua guru untuk meningkatkan profesinalisme, melalui kuliah I yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.
  3. Mensinergikan para guru dan karyawan agar memiliki etos kerja, dedikasi dan loyalitas yang mantap.
  4. Memantau belajar siswa di madrasah maupiun di rumah
  5. Memberikan dorongan untuk belajar dengan giat
  6. Menyiapkan peserta didik sejak awal untuk persiapan dalam kegiatan akademik maupun non akademik.
  7. Mengupayakan berprestasi dalam setiap even baik yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama maupun oleh Kementrian Pendidikan Nasional.

Kebijaksanaan MI Muhammadiyah Bener

Dalam rangka mewujudkan target yang telah ditentukan sekolah menetapkan beberapa kebijaksanaan :

  1. Manajemen Kepala Sekolah :
    • Bersama dewan guru menyusun rencana program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang
    • Mendelegasikan tugas kepada Guru dan Karyawan secara proporsional
    • Melaksanakan tugas dan wewenang sesuai program yang telah digariskan
    • Melaksanakan evaluasi dan inovasi terhadap pelaksanaan program
    • Menyusun laporan secara berkala dan melaporkan kepada pihak berwenang (orang tua murid, Komite Sekolah, Majelis Dikdasmen, dan pemerintah)
  1. Kegiatan Belajar Mengajar :
    • Peningkatan disiplin warga sekolah
    • Menggunakan alokasi wakti secara efektif dan efisien
    • Menerapkan konsep pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan)
    • Peningkatan Sarana dan Prasarana PBM (buku pegangan guru, buku murid LKS dan Media Alat Peraga)
    • Menambah jam belajar siswa (les) sore hari
    • Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
  1. Tenaga Kependidikan dan Karyawan
    • Peningkatan kemampuan mengajar dengan upaya pembinaan secara rutin
    • Memotivasi para guru untuk meningkatkan kwalifikasi pendidikan dengan program study lanjut :
    • Guru berijazah Non Keguruan untuk menempuh pendidikan keguruan
    • Guru berijazah SMA, MAN, untuk mengikuti PGSD / D II
    • Guru berijazah PGSD / D II untuk menempuh program S – 1
    • Peningkatan kerjasama atas dasar ukhuwah islamiyah yang mantap.
    • Mensinergikan para guru dan karyawan agar memiliki etos kerja, dedikasi dan loyalitas yang mantap.
    • Menambah honorarium dan kesejahteraan lain dari sumber yang halal.
  1. Peran serta partisipasi masyarakat (orang tua, komite dan masyarakat)
    • Membantu pengawasan terhadap kegiatan belajar siswa khususnya jam belajar diluar sekolah
    • Membantu penggalian sumber dana untuk realisasi RAPBS/RKAS. peran serta partisipasi masyarakat sebagai mediator dan mitra sekolah untuk mengatasi berbagai persoalan secara proporsional.
  1. Lingkungan sekolah
    • memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
    • Meningktkan kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah dengan tamanisasi agar tercipta lingkungan yang kondusif
    • meningkatkan keamanan dengan memberdayakan Tukang Kebun Sekolah